Posts Subscribe comment Comments

Jenis-Jenis Laser dan Bahayanya

Posted by : IWADAN
Date : 28 December 2010


Pada pertandingan Final Piala AFF 2010 di Bukit Jalil, Beberapa pemain seperti Gonzales dan Markus kedapatan dilaser oleh suporter Malaysia. Laser Hijau tersebut mendapat protes dari berbagai orang. Bahkan, orang Malaysia mendapat kecaman yang banyak.

Apakah Laser itu? apa saja Jenisnya dan Apa bahayanya?

Laser (singkatan dari bahasa inggris Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, dalam bentuk cahaya yg tidak dapat dilihat ataupun yg dapat dilihat.
Di pasaran, saat ini ada 5 jenis laser yang umum digunakan sebagai pointer ketika melakukan presentasi atau hingga untuk aplikasi lain seperti cahaya hiasan di acara pertunjukan. Kelimanya adalah laser merah, kuning, hijau, biru, ungu.

Laser merah adalah laser yang paling umum digunakan untuk presentasi dan dipancarkan dengan cahaya berpanjang gelombang 671 nanometer. Laser kuning, dipancarkan pada 593,5 nanometer memiliki output antara 1mW (miliwatt) hingga sekitar 10mW. Proses pembuatan laser kuning cukup rumit dan membutuhkan stabilizer suhu dan pendinginan. Ini menyulitkan laser kuning dibuat dalam alat berukuran kecil.

Sama seperti laser kuning, pembuatan laser hijau juga lebih kompleks dibanding laser merah. Cahaya hijau yang dihasilkan merupakan hasil dari proses tidak langsung yang diawali dengan pembuatan sinar dengan daya besar (umumnya antara 100 sampai 300 mW). Sinar laser dengan panjang gelombang 532 nanometer bisa dibuat dengan daya output yang berbeda. Namun umumnya, laser hijau dengan output 5 mW aman digunakan.
Laser biru memiliki konstruksi serupa dengan laser hijau. Ada dua diode yang digunakan untuk memproduksinya yakni yang mampu menghasilkan laser 450 nanometer dan 405 nanometer. Versi 450 nanometer lebih terang karena panjang gelombangnya lebih dekat dengan puncak sensitivitas mata manusia.

Laser ungu memancarkan cahaya berpanjang gelombang 405 nanometer, dekat dengan ultraviolet yang berada di batas kemampuan pengelihatan ekstrim manusia dan bisa menghasilkan nuansa warna biru. Laser ini umum digunakan pada perangkat Blu-ray.


Pointer laser berwarna hijau, biasanya jauh lebih terang dan lebih jauh jangkauannya.


Bahaya dari Pointer Laser Hijau adalah dapat merusak retina mata. Seperti yang dikatakan oleh oleh Dr.Dennis Robertson, M.D., Mayo Clinic ophthalmologist dalam situs www.news-medical.net yang membahas bahaya penggunaan laser pointer hijau bahwa dengan penggunaan laser pointer yang lebih kuat dari lima miliwatt, ada kemungkinan akan ada kerusakan pada penglihatan yang sebenarnya, kata beliu lagi, "kerusakan fungsional dapat terjadi dalam beberapa detik."
Dibawah ini adalah video dimana laser hijau dapat membakar UANG KERTAS, SEKALI LAGI UANG!!!


video

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...